Langsung ke konten utama

Toyota Raize: Mobil Compact Dengan Fitur Melimpah


Toyota Raize, mobil  SUV atau ang lebih cocok dikatakan sebagai Compact Sub-urban ini memulai debutnya di Indonesia pada April 2021 lalu. Dari awal kehadirannya, mobil ini mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat dan para antusias otomotif di Indonesia.

Hal ini karena Toyota Raize membawa kesegaran dengan mengusung varian mesin berkubikasi kecil namun dilengkapi turbo yang membuatnya lebih hemat dan bertenaga dibanding varian natural aspirated-nya.

Selain mesinnya yang keren, fitur-fitur yang disematkan pada mobil ini juga tidak kalah lengkap. Mungkin faktor inilah yyang justru menjadi selling point terbesar dari Toyota Raize. Penasaran? Baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui informasi selengkapnya

Eksterior

Dari luar, aura sport SUV sangat terasa pada Toyota Raize yang kompak ini. garis-garis body ang tegas serta lekukan body yang cenderung mengotak menjadikannya terlihat tampan dan gagah. Di sisi depan,disematkan lampu utama yang sudah berteknologi LED yang menghasilkan pancaran lampu putih yang lebih terang dibanding dengan bohlam halogen biasa.

Tidak hanya lampu utama yang sudah LED, lampu sein pun juga sudah LED dan ketika dinyalakan tidak sekdar berkedip, melainkan berjalan (sequential) layaknya lampu sein pada mobil mewah.

Selain itu juga terdapat foglamp pada sisi bawah bumper yang menggunakan bohlam halogen. Lampu jenis ini lebih cocok digunakan sebagai foglamp dibanding LED karena warna kuningna dapat lebih efektif menembus kabut dibanding dengan LED.

Dari sisi samping, kita dapat melihat dua pasang roda yang berprofil 205/60 ring 16 inchi dengan two tone color pada varian bisaa dan all black pada varian GR. Garis-garis otot juga terlihat dari samping mobil dengan hadirnya over-fander yang semakin menonjolkan karakternya sebgai compact-SUV

Pada buritan mobil telah dilengkapi dengan lampu belakang yang menggunakan LED kecuali pada lampu mundur yang masih menggunakan lampu halogen. selain itu, karakter desain maskulin juga masih dibawakan sampai ke bagian belakang mobil.

Interior

Masuk ke dalam mobil, kita akan disambut dengan aura sporty yang juga hadir pada interior mobil. dengan interior berwarna hitam menjadikannya terasa sangat sporty. di bagian depan interior terdapat instrumen hiburan yang mengusung desain floating pada audio playernya. 

Untuk dashboard pada sisi pengemudi dilengkapi dengan seperangkat instrumet cluster yang sudah full digital dengan informasi yang detail. Mulai dari indikator kecepatan, tachometer, odometer, bahkan sampai indikator yang menunjukkan arah ban depan berbelok.

Selain itu, pada sisi kemudi juga dilengkapi dengan paddle shifter untuk varian automatis CVT dan steering switch control untuk semua varian.

Dengan desain body yang cukup mengotak, mobil ini menghasilkan ruang interior yang dapat dibilang cukup luas dan spacious. Sehingga dapat dengan nyaman diisi dengan 5 orang untuk perjalanan panjang.

Dimensi

Mobil ini sesuai dengan kelasnya memiliki dimensi yang kompak, panjang keseluruhan mobil hanya sepanjang 4020 mm dan lebar 1710 mm, dengan jarak antar sumbu ronda sejauh 1475 mm. 

Dengan dimensi tersebut, mobil ini menjadi sangat cocok untuk digunakan di tengah perkotaan yang padat ataupun jalanan pinggiran kota yang tidak terlalu lebar, juga daerah perumahan yang memiliki area parkir terbatas.

Selain itu, karena mobil ini berada di kelas compact SUV, Raize memiliki ground clearence yang cukup tinggi, yakni 200 mm dari permukaan tanah.

 Sehingga mobil ini masih aman jika anda ingin melewati jalan pinggiran kota yang tidak rata ataupun untuk sedikit keluar dari jalanan aspal untuk menikmatti rindangnya pedesaan.

Mesin

Dari segi mesin, Toyota Raize memiliki 2 varian mesin. Yang pertama ada varian 1.2 liter dengan kode mesin VVA-VE yang mampu menghasilkan output tenaga 88 PS di putaran mesin 6000 RPM dan torsi maksimal di 112,7 NM di putaran 4500 RPM.

Mesin ini berkonfigurasi silinder ganjil berjumlah 3 dengan Bore x Stroke 73,5 x 94.1 Mm. 

Dengan konfigurasi overstroke menghasilkan karekter mobil yang enak di putaran mesin bawah. Sehingga cocok untuk stop and go di jalanan dalam kota yang tidak jarang macet.   

Selain itu, terdapat varian mesin lain yang menjadi daya tarik utama mobil ini, yakni varian mesin 1.0 Liter yang dilengkapi dengan TURBO!!!! 

Walaupun memiliiki kapasitas yang lebih kecil dan sama-sama menggunakan jumlah silinder ang sama, mesin berkode 1KR-VET ini mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar dibandingkan varian mesin 1.2L nya, sebesar 98 PS di putaran mesin 6000 RPM dan menghasilkan torsi maksimal sebesar 140 NM di putaran 2400- 4000 RPM.

Untuk varian transmisi, kedua varian mesin dilengkapi dengan trnasmisi manual dan otomatis bertipe CVT dan menghantarkan tenaga ke roda depan.

Dengan menggunakan CVT, tentunya mobil akan terasa lebih halus dan hemat. Hal ini sesuai dengan kriteria mobil yang diperuntukan untuk konsumen yang mencari mobil kecil nan hemat yang nyaman untuk pemakaian sehari-hari.

Secara rata-rata, Toyota Raize yang digunakan berkendara pada rute kombinasi menghasilkan angka konsumsi bahan bakar sebesar 11.5 Km/liter pada mode normal, yang tentunya dapat menghasilkan angka ang lebih besar lagi jika menggunakan mode econ

Fitur

Nah ini dia yang menjadi selling point utama dari Toyota Raize dibanding dengan kompetitor sekelasnya. Fitur yang disematkan Toyota dalam mobil ini begitu melimpah, bahkan mobil ini memiliki fitur yang tidak didapat di varian mobil Toyota yang lebih mahal seperti Fortuner.

Untuk keselamatan, semua tipe dilengkapi dengan dual SRS Airbag kecuali tipe 1.0T GR TSS yang mememiliki 6 Airbag (driver, passenger, seat, curtain). Selain itu juga semua tipe dilengkapi dengan Anti-lock Brake System (ABS) untuk mencegah selip dan memaksimalkan performa pengereman sebagai standar.

Tidak hanya ABS, semua varian Toyota Raize juga dilengkapi dengan Stability Control, Hill Start Assist, serta kamera mundur sebagai standar. Waah melimpah bukan?

Jika fitur-fitur di atas menurut anda masih belum cukup, anda bisa memilih tipe 1.0T GR TSS yang merupakan varian Flagship dari Toyota Raize. Untuk tipe ini terdapat fitur tambahan yaitu Toyota Safety Sensing (TSS) yang mencakup:

·       Lane Departure Warning. menjaga kendaraan untuk tetapberada di tengah marka jalan

·       Pedal Missoperation, yang berfungsi mencegah tabrakan saat parkir ketika tidak sengaja menekan pedal gas

·       Pre Collision Warning & Braking,yang memberi peringatan dan membantu pengereman mendadak

·       Adaptive Cruise Control, yang mampu menjaga jarak aman dengan kendaraan yang ada di depan saat cruise control aktif

·       Front Departure Alert, yang berfungsi menjaga jarak aman dengan kendaraan lain saat dalam keadaan macet

·       Blind Spot Monitoring, peringatan apabila terdapat objek pada area blind spot

Harga

Untuk harga unit baru Toyota Raize di awal tahun 2023 ini dimlai dari Rp230 Juta untuk tipe terendah G 1.2 M/T dan untuk tipe tertinggi Raize 1.0T GR TSS CVT dibandrol dengan harga Rp250 Jutaan.

Kesimpulan

Mobil ekonomis dengan segudang fitur ini sangat worth it buat anda yang mencari mobil kompak dengan desain sporty yang irit bahan bakar buat pemakain sehar-hari di perkotaan dan mampu blusukan ringan ke hidden gems buat wisata di akhir pekan dengan teman ataupun keluarga muda anda.  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mercedes-Benz C240 (W203) - Mata Kacang Yang Ga Bisa Dikacangin

  Mercedes-benz C240 dengan kode body W203, merupakan C class tipe tertinggi yang resmi masuk di Indonesia. Mengaspal dari tahun 2000 sampai tahun 2007, mobil ini bersaing langsung dengan rival dari kampung halamannya, BMW seri 3. Eksterior Mobil ini memiliki eksterior yang sangat elegan dan berkelas, sesuai dengan citra Mercedes- Benz.  Tampak depan, memperlihatkan wajah yang berwibawa dengan ciri khas headlamp berbentuk seperti kacang, yang merupakan asal muasal dari julukan mobil ini, Peanut Eyes. Mata kacang ini sebenarnya warisan desain dari kakaknya, yaitu E class W210. Diantara dua lampu tersebut juga tersemat gril chrome yang besar yang terlihat mewah dan berkelas, tanpa harus terlihat berlebihan. Foglamp juga tersemat pada bumper bawah mobil ini.  Uniknya foglamp ini memiliki fitur untuk mengikuti arah steering wheel. Jadi, ketika anda membelokkan mobil ke kanan, maka fog lamp kanan akan otomatis menyala untuk menerangi bagian kanan depan bawah mobil, serta begitu

Jupiter Z Burhan: Motor Kencang Yang Mulai Terlupakan

 Di tengah gempuran ngabers maniak metik 150cc, ada motor idaman para sesepuh petrol head roda dua di Indonesia. tak lain dan tak bukan adalah Jupiter Z keluaran tahun 2006-2009 atau yang populer di lisan sebagai Jupiter Burhan. motor dengan desain yang khas dengan head lamp berbentuk seperti wajah burung hantu ini memiliki tempat tersendiri di hati para penggemar roda dua di Indonesia. motor bergenre bebek underbone ini menggendong mesin berkode 5TP dengan kapasitias mesin 110cc ini punya potensi modifikasi yang besar. ditambah lagi sistem distribusi bahan bakar yang masih menggunakan karburator menjadikan penambahan tenaga dapat dilakukan dengan mudah dan murah, tanpa harus banyak mengubah spek mesin aslinya. Selain kencang, mesin ini juga terkenal tangguh dan awet, serta perawatannya yang mudah. Asal rutin ganti oli, dijamin deh ni motor bakal long lasting. dengan desain yang menarik dan everlasting, motor ini masih sering dicari olleh para modifir yang populer diubah dengan tmapila

Toyota Corolla E92 GTi, Si Tua-tua Keladi

Corolla, siapa sih yang ga kenal dengan model mobil yang legendaris ini. mobil dari pabrikan Jepang ini selalu mendapatkan gelar mobil terlaris dari masa ke ke masa. resmi hadir di Indonesia pada tahun 1970 dengan model generasi ke-2 dengan kode  model e20 dan masih terus mengisi pasar tanah air hingga kini. Diantara sekian banyak model, ada satu model istimewa yang membuat kami jatuh cinta pada pandangan pertama. Bukan mobil baru, tapi tua-tua keladi, makin tua makin jadi. desain mengotak sangat mengisyaratkan trend desain pada masanya. ukurannya yang terlihat kompak juga menjadikannya idaman para anak muda yang gemar dengan mobil bergenre tua. Minimalistis juga terapancar dari aura desain mobil ini. Inilah Toyota Corolla AE92 GTi.                                        Pinterest.com/lukesammut Toyota Corolla dengan kode model AE92 atau yang juga dikenal sebagai Corolla Twinvam ini memiliki 2 tipe bodi yaitu liftback dan yang lebih populer, yakni tipe sedan. untuk tipe sedan memiliki

5 Tips Merawat Mobil di Musim Panas Berkepanjangan Untuk Menjaaga Kesehatan dan Kenyamanan Mobil

Pada musim panas yang berkepanjangan seperti saat ini, menjaga diri tentu menjadi hal yang sangat penting. Tak hanya diri sendiri, menjaga kendaraan pribadi tentu juga tak kalah penting.  Terutama mobil yang menjadi teman perjalanan kita sehari-hari. Terdapat beragam komponen penting yang bisa dibilang sensitif. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas gimana sih cara merawat mobil di musim el nino ini. 1. Pastikan air radiator selalu dalam keadaan cukup Gambar 1. Pastikan cairan ada di antara dua garis min-max Berfungsi sebagai sistem pendingin utama mesin mobil, radiator harus terus dijaga kesehatan dan keoptimalan kinerjanya. Salah satu langkah utama yang mudah dilakukan dalam menjaga kesehatan radiator mobil adalah dengan memperhatikan kadar cairan radiator atau radiator coolant pada tangki radiator.  Jangan sampai kadar radiator coolant berada di bawah garis minimal dan di atas garis maksimal tangki. Kita tentunya tidak ingin mesin overheat karena cairan radiator yang