Langsung ke konten utama

Mercedes-Benz C240 (W203) - Mata Kacang Yang Ga Bisa Dikacangin

 

Mercedes-benz C240 dengan kode body W203, merupakan C class tipe tertinggi yang resmi masuk di Indonesia. Mengaspal dari tahun 2000 sampai tahun 2007, mobil ini bersaing langsung dengan rival dari kampung halamannya, BMW seri 3.

Eksterior

Mobil ini memiliki eksterior yang sangat elegan dan berkelas, sesuai dengan citra Mercedes- Benz. 

Tampak depan, memperlihatkan wajah yang berwibawa dengan ciri khas headlamp berbentuk seperti kacang, yang merupakan asal muasal dari julukan mobil ini, Peanut Eyes. Mata kacang ini sebenarnya warisan desain dari kakaknya, yaitu E class W210.

Diantara dua lampu tersebut juga tersemat gril chrome yang besar yang terlihat mewah dan berkelas, tanpa harus terlihat berlebihan. Foglamp juga tersemat pada bumper bawah mobil ini. 

Uniknya foglamp ini memiliki fitur untuk mengikuti arah steering wheel. Jadi, ketika anda membelokkan mobil ke kanan, maka fog lamp kanan akan otomatis menyala untuk menerangi bagian kanan depan bawah mobil, serta begitu juga sebaliknya.

Dari sisi samping, siluet mobil ini terlihat samar-samar serupa dengan kakak-kakaknya, namun tentunya dengan dimensi yang lebih kecil.

Dimensi

Mobil ini memiliki panjang 453 cm, lebar 173 cm, serta tinggi 143 cm. jarak antar sumbu roda pada mobil tipe terendah dalam keluar sedan Mercy pada masanya ini sepanjang 272 cm.

Dari sisi samping juga terlihat dua set ban berukuran 205/55 yang memeluk velg palang lima berukuran 16 inchi. Di dalam roda tersebut terdapat sistem pengereman cakram yang disematkan di keempat roda.

Dari sisi belakang, mobil ini memiliki tampang yang mirip dengan S Class W220. Sehingga tak heran jika publik sering menjulukinya sebagai “Baby S Class”.


Di balik bagasinya terdapat ruang yang sangat luas dengan volume 455 liter untuk menampung segala macam barang bawaan anda.

Di dalam bagasi ini juga tersimpan ban cadangan dengan profil dan tipe yang sama dengan ban aslinya.

Interior

Masuk ke dalam mobil, aura mevvah menyambut anda. Untuk pasar resmi Indonesia terdapat 3 trim interior pada mobil ini, yaitu Sport yang merupakan tipe paling trondol dan umumnya digunakan oleh armada taksi, Lalu tipe Classic merupakan tipe standar dan tipe Elegance yang merupakan tipe tertinggi dan sudah dilengkapi dengan sunroof.

Pada generasi awal, w203 memiliki 2 pilihan interior, yaitu abu-abu muda beige. namun lebih populer ditemukan w203 dengan interior berwarna beige yang mempertegas kesan berkelasnya.



Pada dashbord tersemat panel instrument cluster yang berbentuk setengah lingkaran. Di dalamnya terdapat jarum speedometer dan takometer analog, serta panel MID yang menampilkan berbagai informasi penting mengenai mobil seperti trip A, trip B, dan lainnya yang ditayangkan pada layar digital.

Mesin

Under the bonnet kita dapat melihat mesin 2,6 liter berkonvigurasi V6!, yap V6. tidak tanggung-tanggung memang mobil berkelas dari Jerman ini dalam urusan mesin.


Mesin berkode M112 ini menghasilkan tenaga sebesar 170PS atau 168 HP, yang kemudian ditransfer ke roda belakang melalui transmisi otomatis lima percepatan triptonik. torsi yang dihasilkan juga tidak kecil, peak torque sebesar 240 Nm menjadikannya effortles membawa badan seberat 1,5 ton.

Untuk fitur berkendara, mobil ini telah dilengkapi dengan traction control pada semua trim.

Harga

Mobil yang elegan dan classy dengan tenaga yang bisa dikatakan cukup besar ini memiliki harga jual yang sebenarnya dapat dibilang cukup masuk akal. Untuk kondisi siap jalan dan pajak hidup, mobil ini dibanderol dengan harga mulai dari 90-100 jutaan. 

Selain itu, pajak Mercedes Benz C240 W203 ini juga tidak terlalu mahal, sebesar 2 jutaan saja.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Bagaimana? apakah anda tertarik untuk meminang mobil ini. Jika ia, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memutuskan untuk menjadikannya teman perjalanan maupun koleksi anda. diantaranya, yaitu 

  • Perhatikan mesin. Salah saru penyakit umum mobil eropa adalah oli yang rawan rembes, baik karena paking mesin yang sudah tidak sehat, maupun selang sirkulasi yang sudah berumur.
  • Kaki-kaki mobil yang ringkih. Sebenarnya bukan karena mobil ini yang didesain asal-asalan yang menjadikan kaki-kaki mobil ini terkesan ringkih. tetapi juga terdapat faktor jalanan di tanah air yang sering kali dikorupsi sehingga tidak rata dan bergelombang. Maka periksalah kaki-kaki mobil terlebih dahulu, apakah masih sehat atau sudah waktunya di remajakan. Karena harga dari spare part kaki-kaki mercedes yang terkenal cukup lumayan. so, siapkan uang lebih untuk jajan ni mobil yak.
  • Printilan interior yang kerap kali hilang. Bagi beberapa orang mungkin ini bukanlah hal yang berarti, namun bagi anda yang ingin menjaga orisinalitas mobil, hal in dapat menjadi pertinmbangan. Karena aksesoris interior ini tidak mudah untuk dicari penggantinya.
  • Kelistrikan yang rawan rusak. Karena in adalah mobil Eropa ang memiliki teknologi maju pada masanya, Maka tak heran jika banyak part elektronik yang rentan rusak baik karena umur maupun perawatan yang sembarangan. 

itu dia sedikit penggambaran mengenai Mercedes Benz C240 W203 peanut eyes. Buat kalian yang pernah memelihara ini mobil, boleh drop pengalaman kalian di kolom komentar. and see you.



 



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jupiter Z Burhan: Motor Kencang Yang Mulai Terlupakan

 Di tengah gempuran ngabers maniak metik 150cc, ada motor idaman para sesepuh petrol head roda dua di Indonesia. tak lain dan tak bukan adalah Jupiter Z keluaran tahun 2006-2009 atau yang populer di lisan sebagai Jupiter Burhan. motor dengan desain yang khas dengan head lamp berbentuk seperti wajah burung hantu ini memiliki tempat tersendiri di hati para penggemar roda dua di Indonesia. motor bergenre bebek underbone ini menggendong mesin berkode 5TP dengan kapasitias mesin 110cc ini punya potensi modifikasi yang besar. ditambah lagi sistem distribusi bahan bakar yang masih menggunakan karburator menjadikan penambahan tenaga dapat dilakukan dengan mudah dan murah, tanpa harus banyak mengubah spek mesin aslinya. Selain kencang, mesin ini juga terkenal tangguh dan awet, serta perawatannya yang mudah. Asal rutin ganti oli, dijamin deh ni motor bakal long lasting. dengan desain yang menarik dan everlasting, motor ini masih sering dicari olleh para modifir yang populer diubah dengan tmapila

Toyota Corolla E92 GTi, Si Tua-tua Keladi

Corolla, siapa sih yang ga kenal dengan model mobil yang legendaris ini. mobil dari pabrikan Jepang ini selalu mendapatkan gelar mobil terlaris dari masa ke ke masa. resmi hadir di Indonesia pada tahun 1970 dengan model generasi ke-2 dengan kode  model e20 dan masih terus mengisi pasar tanah air hingga kini. Diantara sekian banyak model, ada satu model istimewa yang membuat kami jatuh cinta pada pandangan pertama. Bukan mobil baru, tapi tua-tua keladi, makin tua makin jadi. desain mengotak sangat mengisyaratkan trend desain pada masanya. ukurannya yang terlihat kompak juga menjadikannya idaman para anak muda yang gemar dengan mobil bergenre tua. Minimalistis juga terapancar dari aura desain mobil ini. Inilah Toyota Corolla AE92 GTi.                                        Pinterest.com/lukesammut Toyota Corolla dengan kode model AE92 atau yang juga dikenal sebagai Corolla Twinvam ini memiliki 2 tipe bodi yaitu liftback dan yang lebih populer, yakni tipe sedan. untuk tipe sedan memiliki

Toyota Raize: Mobil Compact Dengan Fitur Melimpah

Toyota Raize, mobil  SUV atau ang lebih cocok dikatakan sebagai Compact Sub-urban ini memulai debutnya di Indonesia pada April 2021 lalu. Dari awal kehadirannya, mobil ini mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat dan para antusias otomotif di Indonesia. Hal ini karena Toyota Raize membawa kesegaran dengan mengusung varian mesin berkubikasi kecil namun dilengkapi turbo yang membuatnya lebih hemat dan bertenaga dibanding varian natural aspirated-nya. Selain mesinnya yang keren, fitur-fitur yang disematkan pada mobil ini juga tidak kalah lengkap. Mungkin faktor inilah yyang justru menjadi selling point terbesar dari Toyota Raize. Penasaran? Baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui informasi selengkapnya Eksterior Dari luar, aura sport SUV sangat terasa pada Toyota Raize yang kompak ini. garis-garis body ang tegas serta lekukan body yang cenderung mengotak menjadikannya terlihat tampan dan gagah. Di sisi depan,disematkan lampu utama yang sudah berteknologi LE

5 Tips Merawat Mobil di Musim Panas Berkepanjangan Untuk Menjaaga Kesehatan dan Kenyamanan Mobil

Pada musim panas yang berkepanjangan seperti saat ini, menjaga diri tentu menjadi hal yang sangat penting. Tak hanya diri sendiri, menjaga kendaraan pribadi tentu juga tak kalah penting.  Terutama mobil yang menjadi teman perjalanan kita sehari-hari. Terdapat beragam komponen penting yang bisa dibilang sensitif. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas gimana sih cara merawat mobil di musim el nino ini. 1. Pastikan air radiator selalu dalam keadaan cukup Gambar 1. Pastikan cairan ada di antara dua garis min-max Berfungsi sebagai sistem pendingin utama mesin mobil, radiator harus terus dijaga kesehatan dan keoptimalan kinerjanya. Salah satu langkah utama yang mudah dilakukan dalam menjaga kesehatan radiator mobil adalah dengan memperhatikan kadar cairan radiator atau radiator coolant pada tangki radiator.  Jangan sampai kadar radiator coolant berada di bawah garis minimal dan di atas garis maksimal tangki. Kita tentunya tidak ingin mesin overheat karena cairan radiator yang